SPORT S1288 > Uncategorized > Pesta Olahraga Asian Games 2018

Pesta Olahraga Asian Games 2018

Mungkin dari kalian sudah sangat menanti-nantikan pesta olahraga Asian Games  ke 18. Yang akan di adakan di Indonesia tanggal 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018.

Perayaan pesta olahraga ini akan di adakan di beberapa kota dan beberapa tempat di Indonesia seperti Kota Jakarta, Banten dan beberapa provinsi sebagai pendukung yang akan di sebar di beberapa Provinsi di Jawa Barat dan Banten.

Indonesia sudah kedua kalinya menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar di asia setelah Asian Games ke IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962. Dan untuk pertamakalinya dalam buku sejarah Asian Games, Asian Games akan di selenggarakan di 2 Kota sekaligus.

Sebelumnya untuk Asian Games yang ke 18 ini akan di selenggarakan di Hanoi, Vietnam yang terpilih menjadi Tuan rumah setelah mengalahkan Surabaya. Akan tetapi Vietnam telah mengundurkan diri karena ada kendala keungan di negaranya. Dan Indonesia telah di setujui sebagai Tuan Rumah Asian Games yang ke 18 oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia pada tanggal 19 September 2014.

Sebenarnya setelah Vietnam mengundurkan diri sebagai Tuan Rumah Asian Games yang ke 18. Masih banyak lagi negara-negara yang bersedia untuk mengajukan sebagai tuan rumah dari perayaan olahraga terbesar di Asia ini, Yaitu Tiongkok Dan Uni Emirat Arab.

Akan tetapi Indonesia telah di anggap sebagai negara yang terfavorit, Karena juga Surabaya merupakan pilihan ke 2 dari tawaran sebelumnya dan sangat siap dan bersedia sekali untuk menyelenggarakannya jika terpilih.

Logo Dan Maskot

Logo dan maskot yang akan di pergunakan pada Asian Games 18 Agustus 2018 di Indonesia adalah Burung Cendrawasi. Yang telah di sahkan oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Jusuf Kalla yang telah di resmikan pada tanggal 26 Desember 2015. Akan tetapi setelah di luncurkan dan di berikan bocoran untuk maskot Asian Games tersebut. Banyak dari masyarakat merasa kurang memuaskan.

Karena merasa maskot tersebut terasa sangat kuno dan tidak menarik. Lalu penyedia telah menarik kembali maskot dan logo tersebut yang telah di meluncurkan dan memerintahkan Badan Ekonomi Kreatif untuk memperbaiki desain Maskot tersebut.

Tanggal 28 Juli 2016 Maskot dan Logo baru pun telah di resmikan oleh Kementerian Pemuda Dan Olahraga, Komite Olimpiade Indonesia dan Badan Ekonomi Kreatif. Maskot tersebut menggambarkan beragam tentang Indonesia dengan 3 Jenis hewan Khas Indonesia yang di antaranya di bawah ini.

3 Maskot Baru Telah Hadir Untuk Meriahkan Asian Games 2018

– Bhin Bhin, Adalah burung cendrawasi yang menggunakan pakai rompi yang bermotif baju Tradisional suku Asmat dari Papua, yang melambangkan Strategi.

– Atung, Adalah Rusa Bawean yang menggunakan pakai sarung bating Parang yang melambangkan kecepatan.

–  Yang terakhir adalah Kaka, Kaka sendiri adalah badak bercula satu yang menggunakan motif baju Songket Dari Palembang yang melambangkan kekuatan.

Ketiga Maskot dan Logo tersebut di ambil dari Motto dan Semboyan Bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang tertulis pada lambang negara Indonesia. Yang artinya adalah Berbeda Beda Tetapi Tetap Satu. Yang jika kita terjemahkan per kata, Kata Bhinneka berarti ” Beraneka Ragam”. Kata Neka pada bahasa Sanskerta yang berarti “Macam” dan Kata Ika yang berarti “Itu”.

Untuk Estafet Obor akan Start di Stadion Nasional Dhyan Chand di New Delhi, Sebagai Tuan rumah Asian Games pertama. Dan pada tanggal 17 Juli 2018 Obor tersebut akan di arahkan mengikuti arah Matahari. Lalu obor tersebut akan di bawa ke Indonesia yang tepatnya di Api Abadi di Marapen, Jawa Tengah pada tanggal 18 Juli 2018.

Setelah itu akan melakukan perjalan ke seluruh Indonesia yang akan di lakukan secara estafet sampai tanggal 17 Agustus 2018. Sebelum di bawa ke acara pembukaan di Stadion Gelora Bung Karno pada acara pembukaan.

Cabang Olahraga

Apa saja sih cabang olahraga yang akan di ikut sertakan dalam pesta olagraga Asian Game tersebut? Untuk cabang olahraga yang akan di ikut sertakan ada 40 Cabang olahraga. Yang terdiri dari 32 Cabang Olahraga Olimpiade dan 8 Cabang olahraga Non Olimpiade. Dan yang tidak biasanya dan untuk yang pertama kalinya cabang Olahraga Elektronik Esport yang akan di ikutseratakan sebagai Cabang Olahraga Eksibisi.

Mungkin dari kalian masih bingung apa yang di maksud dari Eksibisi. Memang cabang Olahraga Esport hanya di jadikan cabang olahraga yang di eksibisikan yang artinya. Cabang Olahraga tersebut akan merebutkan mendali. Akan tetapi tidak akan masuk kedalam perhitungan point.

Inilah yang unik dari Asian Games tahun ini. Meskipun cabang Olahraga Esport masih menjadi cabang Olahraga yang di Eksibiskan, akan tetapi hal tersebut menjadi sebuah keunikan tersendiri di Asian Games Tahun ini.

Pada pasalnya permainan Esport hanya di pandang sebelah mata dan di anggap Olahraga yang membuang buang waktu. Yang sebenarnya cabang olahraga Esport ini sangat mirip dan persis sekali dengan permainan Strategi seperti catur dan yang lainnya.

Kemudian apa saja sih Game yang akan di ikut setakan. Di bawah ini kami akan memberikan sedikit bocoran Game Esport yang akan di ikut setakan dalam Asian Games ke 18.

1. Arena Of Valor

Arena Of Valor yang biasa kita sebut dengan AoV adalah game mobile yang telah di kembangkan oleh China. Game ini memiliki fitur dan gratif yang cukup bagus dan sangat s tabil. Dan cara bermainnya pun anda harus memiliki 1 Tim yang terdiri dari 5 Player atau pemain.

Dan 5 pemain akan memiliki lawan 1 tim yang terdiri dari 5 Pemain juga. Dan ke 2 Tim tersebut akan di pertandingan di dalam 1 Arena Game AoV. Yang mengharus mereka memiliki strategi yang bagus dan menarik untuk memenangkan pertandingan tersebut.

2. Clash Royale

Esport Game yang ke 2 adalah Clash Royale. Clash Royale adalah sebuah permainan game yang menyatukan permainan Moba Dan permainan Kartu. Dan permainan ini yang mengharuskan kita menghancurkan menara musuh menggunakan strategi yang kita punya.

3. Hearthstone

Game ke 3 yang akan di ikut sertakan dalam Asian Game ke 2018 adalah Hearthstone. Permainan Hearthstone adalah permainan yang menggunakan kartu yang menggunakan settingan dunia warcraft. Game ini dimainkan oleh 2 orang pemain. Meskipun permainan ini permainan kartu akan tetapi kartu yang di pergunakan berfungsi untuk memanggil monster. Jadi tetap ada battle di antara ke 2 pemain.

Sebenarnya masih banyak lagi game Esport yang di ikut sertakan di dalam Asian Game kali ini. Akan tetapi yang sebelumnya kami katakan bahwa untuk di asian kali ini Cabang Olahraga Esport hanya di jadikan cabang olahraga yang di eksibisikan. Dan akan di sahkan dan di persetujuin pada Asian game berikutnya di tahun 2022. Dan sebenarnya masih banyak lagi asian cabang olahraga yang di ikut sertakan di dalam Asian Games.

Bertambahnya Cabang Olahraga Yang Di Selenggarakan:

Pada bulan Maret 2017, Dewan Olimpiade yang berasal dari Asia membocorkan bahwa. Asian Games yang akan di selenggarakan pada tahun 2018 akan menyediakan 484 Acara yang akan di satukan dalam 42 Cabang olahraga. I

Itu semua sudah termasuk 28 olahraga resmi olimpiade permanen yang di perebutkan Olimpiade Musim Panas 2016. Dan juga 5 Cabang Olahraga yang akan di perebutkan pada Olimpiade 2020 di Tokyo.

Lalu pada bulan April 2017 pihak OCA telah mempersetujui untuk mengurangi beberapa cabang olahraga yang akan di selenggarakan. Yang di khawatirkan membuat biayanya menjadi membengkak, dan cabang olahraga yang di coret atau di hapuskan adalah; Gulat sabuk, Kriket, Kurash, Skateboard, Sambo Dan Berselancar yang telah di coret dari program.

OCA juga telah melakukan pengurangan jumlah kompetisi pada cabang olahraga Bridge, Jet Ski, Paralayang, Ju Jitsu, Taekwondo, Olahraga Panjat dan yang khususnya untuk Cabang olahraga kelas Berat Non-Olimpiade dan yang terakhir adalah Wushu. Dan karena pengurangan ini membuat mengurangi total acara yang akan di sediakan menjadi 431.

Cabang olahraga yang terakhir di resmikan pada bulan september 2017. Yang membuatnya meningkat menjadi 462 acara dalam 40 cabang olahraga. Lalu yang telah di tambahkan 40 Cabang Olahraga sebagai acaran dan program terbesar ke 2 di dalam sejarah Asian Games.

Olahraga yang akan di pertunjukan pada Olimpiade Musim Panas 2020 juga akan sedikit di tambah. Yang termasuk adalah Cabang Olahraga Bola Basket 3vs3 dan BMX Freestyle.

Di bawah ini adalah seluruh cabang olahraga yang akan di pertandingkan di Asian Games ke 18 di Jakarta :

Lalu 45 Negara Dewan Olimpiade Asia sudah pasti akan dijadwalkan akan mengikuti Asian Games ini. Dan juga telah di sepakati oleh ke 2 belah pihak antara Korea Utara dan Korea Selatan akan bersaing dalam 1 tim yang sama dengan nama Korea Bersatu. Yang sama seperti yang mereka lakukan pada Olimpiade Musim Dingin 2018.

Di bawah ini lah daftar seluruh NOC yang akan berpartisipasi pada Asian Games 2018 :

Afghanistan Arab Saudi
Atlet Olimpiade Individual Bahrain
Bhutan Bangladesh
Filipina Brunei
  India Hong Kong
Irak   Indonesia
Jepang Iran
Kazakhstan Kamboja
  Korea Bersatu Kirgizstan
Laos Kuwait
Lebanon Makau
Malaysia Maladewa
Mongolia Myanmar
Nepal Pakistan
Palestina Oman
Republik Rakyat Tiongkok Qatar
Singapura Sri Lanka
Tajikistan Suriah
Timor Leste Thailand
Turkmenistan   Tionghoa Taipei
Uni Emirat Arab
Uzbekistan
Vietnam
Yaman
Yordania

Perkampungan Atlet Dan Transportasi

Lalu dari seluruh atlet dari beberapa negara ini akan di tempat tinggalkan di 2 tempat. Yang di antaranya adalah di kampung atlet di jakarta yang telah di bangun di Kemayoran. Yang telah di bangun di atas lahan seluas 10 Hektar.

Yang hampir memiliki 7.424 kamar apartemen dan 10 Menara yang cukup megah dan mewah. Untuk kapasitas yang di milikinya hanpis 22.272 kamar yang memiliki fasilitas melebihi standar dari Komite Olimpiade Internasional. Yang standarnya harus memiliki dan menyediakan kamar untuk 14.000 Atlet.

Dan juga tidak hanya di jakarta saja. Perkampungan atlet di dalam Jakabaring Sport City yang berada di Palembang akan menampung 3.000 Atlet dan Official. Dan yang terpenting adalah jalur LRT Jakarta akan ada langsung terbung ke perkampungan atlet dengan Velodrome di Rawamangun.

Dan yang terperting juga adalah, Untuk menyamput perayaan olahraga terbesar di Asia ini. Pengerjaan dari MRT akan di percepat, dan tidak hanya di situ saja. Palembang juga sebaga kota terpilih untuk penyelenggaraan Asian Games akan meningkatkan Fasilitas transportasinya dengan cara membangun monorel secara spontan.

Dengan panjang 25 kilometer yang dapat di akses dari Bandar Udara International Sultan Mahmud Badaruddin 2 ke komplek atlet Jakabaring Sport City.

Beberapa fasilitas lain juga akan di tingkat seperti Underpass, flyover dan beberapa jembatan juga akan di bangun secara spontan oleh pengelola kota Palembang. Dan juga kota palembang akan membangun skybridge dengan beberapa terminal kereta ringan (LRT) untuk mengambil penumpang ke Jakabaring.

Upacara Pembuka Dan Upacara Penutup

OCA telah mengumumkan bahwa Jakarta menjadi Kota sebagai pembukaan dan Penutupan dari Asian Games. Dan sebelumnya Mentri Pemuda Dan Olahraga telah mengumumkan untuk menjadikan Palembang sebagai rumah upacara Penutupan.

Lalu Komplek Seluruh Lapangan Gelora Bung Karno itu sendiri yang berada di jakarta akan menyelenggarakan 13 olahraga setelah di renovasi oleh pemkot DKI Jakarta. Meskipun umurnya sudah mencapai 55 Tahun akan tetapi kompleks Gelora Bungkar Karno ini bisa memberikan kapasitas 88.000 Penonton.

Lalu sistem pengenalan wajah juga akan dipasang di stadiun tersebu, Untuk meminimalisirkan ancaman teror Bom yang saat ini sedang marak di bicarakan dunia tentang Indonesia. Sebuah Velodrome juga akan di bangun di kawasan Rawamangun yang berada di Jakarta Timus. Dengan biaya pembangunan hampir menyentuh $ 40 Juta untuk bersepeda, Futsal, Bulu Tangkis,Gulat Dan Bulu Tangkis.

Lalu juga seuah fasilitas berkuda sudah di bangun di Pulomas yang memakan biaya $ 30.8 Juta, Yang bisa menampung hampir 1.000 Penonton sekaligus. Arena tersebut sudah di lengkapi dengan 100 kandang kuda yang bisa di pergunakan oleh seluruh Negara yang berpartisipasi. Dan tidak hanya kanda saja yang mereka persiapkan, Akan tetapi dengan sebuah rumah sakit hewan, Arena Parkir seluar sekitar 35 Hektar dan juga Tempat pelatihan hewan.

Kompleks Gelora Bungkarno

Arena Staion Utama akan di pergunakan untuk acara Pembukaan dan penutupan, lalu di pergunakan juga untuk acara cabang Olahraga Atletik yang berkapasitas 76.127.

-Istora akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Bulu Tangkis dan Bola Basket yang berkapasitas 7.110.

-Aquatic Cender akan di pergunakan sebagai arena Akuatik yang berkapasitas 8.630.

-Tempat Tenis Arena (Outdoor) akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Bola Basket 3vs3 yang berkapasitas 3.300.

-Tenis Arena (Indoor) akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Bolavoli yang berkapasitas 5.000.

-Hall Basket akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Bola Basket yang berkapasitas 2.920.

-Hoki Arena akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Hoki Lapangan yang berkapasitas 350.

-Stadion Lapangan Bisbol akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Bisbol yang berkapasitas 2.500.

-Lapangan Sofbol akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Sofbol yang berkapasitas 503.

-Panahan Arena akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Panahan yang berkapasitas 256.

-Rugbi Arena akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Rugbi 7.

-Fasilitas Training akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Squash.

-Jakarta Conventuin Center akan di pergunakan sebagai arena cabang Olahraga Anggar, Karate, Bela Diri dan Bola Voli.

Lalu masih banyak lagi arena lain yang di pergunakan di Jakarta Seperti di bawah ini.

– Arena Jakarta International Velodrome yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Balap sepeda yang memiliki kapasitas 4.000

– Arena International Equestrian Park yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Berkuda yang memiliki kapasitas 920.

– Pantai Marina Ancol yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Berlayar Dan Jet Ski

– Pulomas International BMX Center yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Balap Sepeda (BMX)

– Padepokan Silat TMII yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Belda Diri (Pencak Silat)

– Jakarta International Expo yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Tinju, Bridge, Senam, Judo, Kabaddi, Jujitsu Dan Wushu, Tenis Meja, Taekwondo, Angkat Besi, Gulat, Bola Voli, Golf.

– Lapangan Simprug Pertamina yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Bola Voli

– Pondok Indah Golf Course yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Golf

Lalu Palembang juga berperan untuk menyediakan Arena di Jakabaring Sport City. Beberapa permintaan juga telah di ajukan untuk memberikan penambahan dan meningkatkan fasilitas di dalam Kompleks ini, Dan juga termasuk ingin menambahkan kapasitas di Stadion Gelora Sriwijaya dari 36.000 menjadi 60.000.

Dan di bawah ini adalah beberapa arena yang akan di pergunakan di palembang untuk di jadikan tempat penyelenggaraan beberapa cabang olahraga.

Stadion yang di pergunakan untuk Asian Games 2018 di Palem bang :

– Stadion Gelora Sriwijaya yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Sepak Bola Wanita yang berkapasitas hampir 23.000

– Danau Jakabaring yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Kano dan Dayung.

– Ranau Sport Hall yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Sepak Takraw

– Bowling Center yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Bowling

– Arena Panjat yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Panjat Tebing

– Tempat Voli Pantai yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Voli Pantai

– Lapangan Tembak yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Menembak

– Stadion Bumi Sriwijaya yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Sepak Bola Wanita

– Lapangan Tembak yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Menembak

Dan tidak hanya di Jakarta dan di Palembang saja, Ada beberapa Arena di luar 2 kota tersebut yang di pergunakan, Seperti arena di kota Bogor, Bandung dan yang lainnya.

– Stadion Jalak Harupat, Stadion Pakansari, Stadion Patriot Chandrabhaga, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Sepak Bola Pria.

– Gunung Mas yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Paralayang.

– Arthayasa yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Pancalomba Modern.

– Jalan Subang yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Balap Sepeda.

– Bendung Rentang yang akan di pergunakan untuk cabang olahraga Kano (Slalom)

INASGOC Sudah Menyiapkan Anggaran :

Akan tetapi untuk warga Indonesia yang sedang berada di luar Indonesia tidak perlu khawatir jika tidak bisa menonton secara Langsung. INASGOC sudah menyiapkan anggaran hingga Rp 800 Miliar untuk biaya-biaya penyiaran Asian Games.

Dana tersebut sudah termasuk dengan biaya siaran langsung untuk 38 cabang olahraga yang akan di siarkan, sudah berikut dengan siaran penutup dan siaran pembuka perayaan Asian Games yang akan berlangsung di 2 Kota, Jakarta Dan Palembang.

INASGOC juga telah menyediakan pusat penyaiaran International atau yang biasa kita sebut dengan IBC yang berlokasi di Jakarta Convention Center dan juga sudah di siapkan di Palembang (Sriwijaya Promotion Center).

IBC Asian Center juga sudah mencangkut 7.100 meter persegi yang bertempat di Hall B Jakarta Convention Center (JCC). Jadi siaran tersebut mampu menyiarkannya secara langsung ke beberapa negara.

Untuk keamanan dan menjaga kualitas untuk menyiarkan Asian Games tersebut, INASGOC bersama dengan perusahaan penyiaran asal Swiss, International Games And Broadcast Service (IGBS) telah mempersetujuin untuk membantu melancarkan pengelolaan untuk menyiarkan pertandingan Asian Games yang ke 18 ini.

Sebelumnya IGBS juga sudah membantu di perayaan Asian Games sebelumnya, yang di antaranya adalah pada Asian Games 2006 di Doha, Guangzhou, Tingkok, Qatar 2010 dan 2014 di Icheon, Korea selatan.

Dalam tahap final lelang yang di persiapkan oleh INASGOC di Jakarta pada bulan juni 2017. Mereka sudahmengalahkan NEP perusahaan media besar yang berasal dari Australi. Penyiaran Asian Games ini akan di siarkan secara langsung oleh di hampir seluruh negara di Asia dan Amerika Latin terkecuali Brasil.

Sudah hampir 427 Kamera dengan Resolusi yang sangat tinggi akan di persiapkan untuk menyiarkan seluruh pertandingan cabang olahraga secara langsung, terkecuali cabang olahraga bridge dan Squash.

INASGOC Bersama Dengan IGBS Membuka Kesempatan Untuk Mahasiswa :

INASGOC bersama dengan IGBS juga telah memberikan kesempatan utuk para mahasiswa dan mahasiswi yang bertajuk Broadcast Legacy Asian Games 2018. Untuk mahasis Negri dan mahasis Swasta yang ingin berkesempatan untuk membuat film pendek yang telah di selegarakan oleh para peserta magang.

Untuk bagi yang magang, mereka akan berkesempatan untuk menjadi Asisten Kamera, Audio Teknisi hingga asisten logistik selama berlangsungnya Asian Games 2018.

Dan juga ada pun pembuatan film pendek, seluruh mahasiswa yang berpartisipasi di wajibkan membuat film pendek yang berdutasi 30 Detik yang kontennya untuk mempromosikan Asian Games 2018.

Pemerintah juga telah mempersiapkan hampir sebesar Rp 3Triliun untuk mempersiapkan perayaan pesta olahraga terbesar di Asia ini. Dan pemerintah juga telah di harapkan untuk membantu pemasukan dana Asian Games.

Tanggal 18 Agustus 2017, Akan di adakan acara Simultan yang akan di adakan di Monumen Nasional, Benteng Kuto Besak dan Jakarta. Untuk memberikan tanda satu tahunnya sebelum Asian Games di mulai.

Acara di jakarta yang di rayakan dengan megang telah di hadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo dan penampisan pertunjukan oleh artis-artis Korea seperti Taeyeon, Hyoyeon dari grup K-POP korea. dan juga Jam hitung mundur telah di resmikan di Tugu Selamat datang dan di depan Stadion Glora Sriwijaya.

Tersimpan di Uncategorized Dengan label: , , , , , , , , , , ,